Tipe Data C++



Tipe Data, Variabel, dan Konstanta Pada C++
Tipe Data
Tipe data merupakan identifier atau pengenal suatu variabel. Tipe data akan memberitahukan kepada compiler mengenai jenis tipe data dan seberapa lebar compiler mengalokasikan ruang memori untuk suatu variabel. Sehingga dengan mekanise alokasi memori pada pemrograman C++, program yang berjalan akan lebih efisien dari segi memori.
Tipe data dalam pemrograman terkhusus C++ dapat dibedakan berdasarkan adanya tanda (signed) dan tidak adanya tanda (unsigned). Perbedaan antara keduanya adalah adanya tanda bilangan yang menunjukan positif dan negatif. Untuk tipe data unsigned(tanpa tanda) suatu bilangan hanya diawali dari 0 ke suatu jangkauan tertentu, sedangkan untuk tipe signed (bertanda), bilangan diawali dari nilai negatif (-) menuju ke jangkauan nilai positif (+).
Berikut adalah beberapa jenis tipe data
bertanda (signed):
Tipe Data
Deskripsi
Ukuran Memori
Jangkauan
int
Bilangan bulat
2 byte
-32768 hingga 32768
short int
Sama dengan int namun jangkauanya lebih pendek
2 byte
-32768 hingga 32768
long int
Memiliki jangkauan lebih panjang dari int
4 byte
-2147483648 hingga 2147483648
bool
Tipe data untuk menampung nilai kebenaran (flag)
1 byte
1 atau 0 (True atau False)
float
Bilangan floating point atau koma
4 byte
3,4 x 10^-38 hingga 3,4 x 10^+38
double
Sama dengan float namun memiliki jangkauan dua kali dari float
8 byte
1,7 x 10^-308 hingga 1,7 x 10^+308
long double
Sama dengan double namum memiliki jangkauan lebih lebar
10 byte
3,4 x 10^-4932 hingga 3,4 x 10^+4932
char
Menampung tipe karakter
1 byte
-128 hingga 128
wchar_t
Sama dengan char namun memiliki jangkauan lebih lebar
2 byte hingga 4 byte
1 wide character

tak bertanda (unsigned):
Tipe Data
Deskripsi
Ukuran Memori
Jangkauan
Unsigned char
Menampung karakter
1 byte
0-255
Unsigned int
Bilangan bulat tak bertanda atau positif
4 byte
0-4294967295
Unsigned long int
Long integer
4 byte
0-4294967295
Unsigned short int
Short integer
2 byte
0-65535
Deklarasi Variabel
Pendeklarasian variabel sangatlah mudah, yaitu dengan menuliskan terlebih dahulu tipe data dan diikuti nama variabelnya. Sebagai contoh:
int a;
int b;
Penulisan diatas dapat dirangkum menjadi int a,b;
Berdasarkan cakupanya, variabel dapat dibedakan menjadi dua yaitu variabel global dan lokal. Variabel global merupakan variabel yang berlaku untuk semua kode program. Variabel ini dapat dipanggil dimanapun dari bagian suatu program. Sedangkan variabel lokal adalah variabel yang hanya berlaku pada suatu fungsi tertentu saja dan variabel tersebut tidak berdampak pada variabel diluar fungsi. Untuk lebih jelasknya perhatikan contoh berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
#include <iostream>
using namespace std;
int global; //Merupakan variabel global

int main(){
int lokal = 39; //Merupakan variabel lokal
return 0;
}
Deklarasi Konstanta
Konstanya merupakan variabel dengan nilai yang tetap dan tidak dapat dilakukan perubahan. Pendeklarasian konstanta dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:
1. Dengan menggunakan instruksi const
const float phi = 3.14;
const char karakter = ‘a’;
2. Dengan menggunakan preprocessor #define
#define phi = 3,14;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Jaringan Komputer

Tempat Wisata di Subang

Instalasi dan Konfigurasi Jaringan LAN Topologi Star