Tipe Data C++
Tipe Data,
Variabel, dan Konstanta Pada C++
Tipe Data
Tipe data merupakan identifier atau
pengenal suatu variabel. Tipe data akan memberitahukan kepada compiler mengenai
jenis tipe data dan seberapa lebar compiler mengalokasikan ruang memori untuk
suatu variabel. Sehingga dengan mekanise alokasi memori pada pemrograman C++,
program yang berjalan akan lebih efisien dari segi memori.
Tipe data dalam pemrograman terkhusus
C++ dapat dibedakan berdasarkan adanya tanda (signed) dan tidak adanya tanda
(unsigned). Perbedaan antara keduanya adalah adanya tanda bilangan yang
menunjukan positif dan negatif. Untuk tipe data unsigned(tanpa
tanda) suatu bilangan hanya diawali dari 0 ke suatu jangkauan tertentu,
sedangkan untuk tipe signed (bertanda), bilangan diawali dari
nilai negatif (-) menuju ke jangkauan nilai positif (+).
Berikut adalah beberapa jenis tipe data
bertanda (signed):
Tipe Data
|
Deskripsi
|
Ukuran
Memori
|
Jangkauan
|
int
|
Bilangan
bulat
|
2 byte
|
-32768
hingga 32768
|
short int
|
Sama
dengan int namun jangkauanya lebih pendek
|
2 byte
|
-32768
hingga 32768
|
long int
|
Memiliki
jangkauan lebih panjang dari int
|
4 byte
|
-2147483648
hingga 2147483648
|
bool
|
Tipe data
untuk menampung nilai kebenaran (flag)
|
1 byte
|
1 atau 0
(True atau False)
|
float
|
Bilangan
floating point atau koma
|
4 byte
|
3,4 x
10^-38 hingga 3,4 x 10^+38
|
double
|
Sama
dengan float namun memiliki jangkauan dua kali dari float
|
8 byte
|
1,7 x
10^-308 hingga 1,7 x 10^+308
|
long
double
|
Sama
dengan double namum memiliki jangkauan lebih lebar
|
10 byte
|
3,4 x
10^-4932 hingga 3,4 x 10^+4932
|
char
|
Menampung
tipe karakter
|
1 byte
|
-128
hingga 128
|
wchar_t
|
Sama
dengan char namun memiliki jangkauan lebih lebar
|
2 byte
hingga 4 byte
|
1 wide
character
|
tak bertanda (unsigned):
Tipe Data
|
Deskripsi
|
Ukuran
Memori
|
Jangkauan
|
Unsigned
char
|
Menampung
karakter
|
1 byte
|
0-255
|
Unsigned
int
|
Bilangan
bulat tak bertanda atau positif
|
4 byte
|
0-4294967295
|
Unsigned
long int
|
Long
integer
|
4 byte
|
0-4294967295
|
Unsigned
short int
|
Short
integer
|
2 byte
|
0-65535
|
Deklarasi Variabel
Pendeklarasian variabel sangatlah mudah,
yaitu dengan menuliskan terlebih dahulu tipe data dan diikuti nama variabelnya.
Sebagai contoh:
int a;
int b;
Penulisan diatas dapat dirangkum menjadi
int a,b;
Berdasarkan cakupanya, variabel dapat
dibedakan menjadi dua yaitu variabel global dan lokal. Variabel global
merupakan variabel yang berlaku untuk semua kode program. Variabel ini dapat
dipanggil dimanapun dari bagian suatu program. Sedangkan variabel lokal adalah
variabel yang hanya berlaku pada suatu fungsi tertentu saja dan variabel
tersebut tidak berdampak pada variabel diluar fungsi. Untuk lebih jelasknya
perhatikan contoh berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
|
#include
<iostream>
using namespace std;
int global; //Merupakan variabel
global
int main(){
int lokal = 39; //Merupakan
variabel lokal
return 0;
}
|
Deklarasi Konstanta
Konstanya merupakan variabel dengan
nilai yang tetap dan tidak dapat dilakukan perubahan. Pendeklarasian konstanta
dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:
1. Dengan menggunakan instruksi const
const float phi = 3.14;
const char karakter = ‘a’;
2. Dengan menggunakan preprocessor
#define
#define phi = 3,14;
Komentar
Posting Komentar